Sabtu, 17 April 2010

RAPAT KERJA MHJ. ANALIS KESEHATAN

LATAR BELAKANG

Dalam era globalisasi yang kian kompetitif, segenap komponen bangsa dituntut untuk memiliki kualitas diri yang optimal. Standar kompetensi dalam berbagai bidang dan tingkat profesionalisme menjadi isu utama yang berlaku global, sehingga persaingan dalam dunia kerjapun semakin ketat.

Sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi di Indonesia, Politeknik sangat diharapkan dan dituntut untuk mempersiapkan lulusan berdaya saing tinggi dan secara optimal mampu memenuhi kebutuhan dunia Kesehatan.

Namun keberhasilan dalam memenuhi tuntutan kualitas tersebut sangat ditentukan oleh kemampuan dan keaktifan Politeknik untuk selalu mengkaji, mengevaluasi proses pendidikannya dan melakukan inovasi serta kreatif dalam menghasilkan karya, baik lulusan maupun produk riset terapannya. Peran hubungan antara unsur Politeknik sebagai produsen Sumber Daya Manusia dan kesehatan sebagai pengguna menjadi kuncinya.

Untuk itu, hubungan kerjasama antara Politeknik dengan dunia kesehatan yang terjalin selama ini perlu lebih ditingkatkan, untuk memperluas daya serap lulusan Politeknik. Berbagai konsep hubungan harmonis antara unsur perguruan tinggi, dunia kerja dan kesehatan telah dibuat. Faktanya adalah masih teridentifikasi jarak antara keduanya, sehingga berdampak pada pelemahan potensi yang dimiliki.

Khusus untuk pendidikan Politeknik masih banyak pihak kesehatan pengguna lulusan belum memahami potensi yang dimiliki. Dibutuhkan suatu konsep dan strategi yang tepat dalam menghubungkan, menyebarluaskan dan mengembangkan bentuk kerjasama saling menguntungkan antara Politeknik dengan stakeholder-nya.

DASAR PEMIKIRAN

Saat ini Indonesia sedang mengalami pembangunan disegala bidang termasuk juga dalam bidang kemahasiswaan. Himpunan mahasiswa Jurusan HMJ. Analis Kesehatan yang menaungi kemahasiswaan Politenik seluruh Indonesia harus mampu merespon dan mengambil peran dalam pembangunan dibidang pendidikan untuk menyiapkan sumber daya manusia yang siap bersaing dalam dunia kesehatan yang berkesinambungan.

Melalui kemampuan dan keaktifan,politeknik harus senantiasa mampu mengkaji dan mengevaluasi proses pendidikannya serta melakukan inovasi,selektif dalam menghasilkan karya yang nyata bagi lulusan sebagai jembatan antara Politeknik, kesehatan dan masyarakat. Sebagian besar Mahasiswa Politeknik masih belum mencerminkan sikap insan akademis yang memiliki etika, komunikasi skill, nalar dalam bertindak, pemahaman hak dan kewajiban sebagai warga Negara Indonesia.

Mahasiswa hendaknya tampil sebagai kekuatan Moral (Moral Force) dan menyuarakan nurani masyarakat (social conscience) mahasiswa insan akademis, yang selalu memberikan ide kreatif dan menawarkan alternatif pemecahan masalah. Citra ini perlu dikukuhkan oleh prilaku mahasiswa pada umumnya.

Karenanya diperlukan penggalian potensi diri Politeknik yang lebih intens. Untuk menjawab tantangan sekaligus tuntutan masyarakat bukan sebagai ancaman tetapi sebagai peluang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.


TUJUAN

* Mengembangkan kegiatan Mahasiswa sesuai dengan Visi dan Misi Perguruan Tinggi.

* Mengembangkan penalaran dan ke ilmuan, penelusuran minat dan kemampuan, kesejahteraan, kepedulian berlandaskan kaidah Akademis, serta Moral, Etika untuk kepentingan Masyarakat.

* Menyamakan persepsi pada implementasi program kemahasiswaan Politeknik seluruh Indonesia dalam bingkai :

o Persaudaraan;

o Kepedulian;

o Rasa kebersamaan;

o Dan Partisipasi aktif.

NAMA & TEMA KEGIATAN

Nama Kegiatan :
Rapat Kerja HMJ. ANALIS KESEHATAN POLTEKKES MAKASSAR.

Tema Kegiatan :
"Melalui Potensi Diri Kita samakan persepsi implementasi program kemahasiswaan dalam bingkai persaudaraan, kepedulian, kebersamaan dan partisipasi aktif menghasilkan lulusan berkwalitas".

WAKTU & TEMPAT PELAKSANAAN

Hari : Minggu
Tanggal : 18 April 2010
Tempat : Ruang C. ANALIS KESEHATAN POLTEKKES MAKASSAR




PENUTUp

Demikian, ini disusun dengan harapan agar Raker HMJ. ANALIS KESEHATAN POLTEKKES MAKASSAR dapat berlangsung dengan sukses. Terima kasih.

1 komentar:

  1. Apakah politeknik kesehatan Makasar menerima pendaftaran S1 Analis Kesehatan yang sudah lulus D3 Analis kesehatan?terima kasih

    BalasHapus